Labels

Pendidikan (30) Kesehatan (12) MANCING (8) manajemen (7) OTOMOTIF (6) akuntansi (5) visual basic (5) Hoby (4) TWITTER (4) agama buddha (4) pajak (4) BBM (3) facebook (3) olaraga (3) Agama Islam (2) Blog (2) Shop (2) gedget (2) soal dan jawaban (2) youtube (2) Bank (1) IOS (1) Price (1) matematika (1) saham (1)

Sunday, April 17, 2016

Notulen Komunikasi Terintergrasi

Notulen

Hari / Tanggal             : Rabu / 6 April 2016-04
Tempat                        : Kelas MJ41
Acara                          : Diskusi mengenai Merancang dan Mengelola Komunikasi Pemasaran dTerintegrasi

Penyaji                                    : Kelompok 5, terdiri atas 3 orang :
1.      Erwin
2.      Jimmy Stepen Susanto
3.      Phoe Bee
Tanya jawab :
1.      Nama penanya : Cinthia Wijaya
·         Jawaban :
Dengan cara melakukan pembaruan terhadap produk yang telah ada seperti
a.       Merubah warna produk
b.      Penambahan aksesoris atau hiasan pada produk
c.       Merubah teknik penyajian iklan atau produk
d.      Mengembangkan fungsi produk
Contoh : mobil avanza mendongkrak penjualan dengan merubah teknik iklan, penambahan aksesoris, dan membuat even-even.

2.      Nama Penanya : Angel
·         Pertanyaan : Bagaimana IMC berperan dalam mnciptakan ekuitas merek ?
·         Jawaban :
Berperan membantu membangun ekuitas merek dan menciptakan dampak penjualan lebih besar contohnya : merek akan lebih mudah diingat contoh deltol semua produk merek deltol di yakinin produk kesehatan yang bermutuh.

3.      Penanya : Joice Langkah
·         Pertanyaan : Seberapa pengaruh iklan tv terhadap penjualan suatu produk?
·         Jawaban :
Tergantung pada penempatan dan isi iklan tersebut jika semua telah tepat maka penjualan akan suatu produk akan meningkat lebih tinggi lagi dan bergitu sebaliknya. Contoh : Iklan makanan anak ditempatkan pada pagi dan hari libur di tayangan anak-anak sehingga anak-anak mengetahui produk dan membeli produknya di kemudian hari.

4.      Penanya : Gautama
·         Pengaruh artis dalam iklan penjualan suatu produk?
·         Jawaban :
Sangat Berpengaruh karena dengan adanya artis membantu pelanggan dalam mengingat artis dalam iklan tersebut sehingga membangun ekuitas merek serta meningkatkan penjualan.

5.      Penanya : Dendi
·         Pertayaan : Kendala apa yg terjadi pada proses komunikasi dan cara mengatasi
·         Jawaban :
Jenis Kendala Komunikasi
Ø  Hambatan dari Proses  Komunikasi
-          Hambatan dari pengirim pesan, misalnya pesan yang akan disampaikan belum jelas bagi dirinya atau pengirim pesan, hal ini dipengaruhi  oleh perasaan atau situasi emosional.
-          Hambatan dalam penyandian/simbol
-          Hal ini dapat terjadi karena bahasa yang dipergunakan tidak jelas sehingga mempunyai arti  lebih dari satu, simbol yang dipergunakan antara si pengirim dan penerima tidak sama atau bahasa yang dipergunakan terlalu sulit.
-          Hambatan media, adalah hambatan yang terjadi dalam penggunaan media komunikasi, misalnya gangguan suara radio dan aliran listrik sehingga tidak dapat mendengarkan pesan.
-          Hambatan dalam bahasa sandi. Hambatan terjadi dalam menafsirkan sandi oleh si penerima
-          Hambatan dari penerima pesan, misalnya kurangnya perhatian pada  saat menerima /mendengarkan pesan, sikap prasangka tanggapan yang keliru dan tidak mencari informasi lebih lanjut.
-          Hambatan dalam memberikan  balikan. Balikan yang diberikan tidak menggambarkan apa adanya akan tetapi memberikan interpretatif, tidak tepat waktu atau tidak jelas dan sebagainya.

Ø  Hambatan Fisik
Hambatan fisik dapat mengganggu komunikasi yang efektif, cuaca gangguan alat komunikasi, dan lain lain, misalnya: gangguan kesehatan, gangguan alat komunikasi dan sebagainya.

Ø  Hambatan Semantik.
Kata-kata yang dipergunakan dalam komunikasi  kadang-kadang mempunyai  arti mendua yang berbeda, tidak jelas atau berbelit-belit antara pemberi pesan dan penerima

Ø  Hambatan Psikologis 
Hambatan psikologis dan sosial kadang-kadang mengganggu komunikasi, misalnya; perbedaan nilai-nilai serta harapan yang berbeda antara pengirim  dan penerima pesan.

Cara Mengatasi Hambatan Komunikasi
a.       Membuat suatu pesan secara berhati-hati, tentukan maksud dan tujuan komunikasi serta komunikan yang akan dituju.
b.      Meminimalkan gangguan dalam proses komunikasi, komunikator harus berusahadapat membuat komunikan lebih mudah memusatkan perhatian pada pesan yang disampaikan sehingga penyampaian pesan dapat berlangsung tanpa gangguan yang berarti.
c.       Mempermudah upaya umpan balik antara si pengirim dan si penerima pesan, Cara dan waktu penyampaian dalam komunikasi harus direncanakan dengan baik agar mengahasilkan umpan balik dari komunikan sesuai harapan.
d.      mengemukakan pesan atau massage dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh penerima pesan, menyatakan pesan tersebut dengan jelas.
e.       bila terdapat reaksi dari pesan tersebut, didengarkan dengan simpatik, bereaksi secara bijaksana dan bertindak cepat.
f.       hendaknya dipertimbangkan kepada siapa pesan itu ditujukan.
g.      penggunaan alat-alat komunikasi modern.
h.      pendekatan-pendekatan pribadi (silaturrahmi) yang dapat menghilangkan klas, kepangkatan dan perbedaan golongan.
i.        komunikator harus terus belajar akan kelemahan dirinya dalam berkomunikasi.
j.        hendaklah digunakan waktu secukupnya untuk merencanakan komunikasi yang efisien dan efektif.
k.      mengusahakan agar tercipta lingkungan kerja yang baik, karena lingkungan yang baik amat membantu kelancaran komunikasi.

6.      Irene
·         Ada 8 model komunikasi utama , yang paling efektif yang mana? Dan semua berdasrkan aida atau tidak?
Semua model komunikasi menerapkan konsep aida sehingga keberhasilan dalam komunikasi yang terjadi akan lebih menjadi efektif dan efesien.

Palembang, 6 April 2016
Notulis,




No comments:

Post a Comment