Notulen
Hari / Tanggal : Rabu / 6 April 2016-04
Tempat :
Kelas MJ41
Acara :
Diskusi mengenai Merancang dan
Mengelola Komunikasi Pemasaran dTerintegrasi
Penyaji : Kelompok
5, terdiri atas 3 orang :
1.
Erwin
2.
Jimmy Stepen Susanto
3.
Phoe Bee
Tanya
jawab :
1. Nama
penanya : Cinthia Wijaya
·
Jawaban :
Dengan cara melakukan
pembaruan terhadap produk yang telah ada seperti
a.
Merubah warna produk
b.
Penambahan aksesoris atau hiasan pada
produk
c.
Merubah teknik penyajian iklan atau
produk
d.
Mengembangkan fungsi produk
Contoh
: mobil avanza mendongkrak penjualan dengan merubah teknik iklan, penambahan
aksesoris, dan membuat even-even.
2. Nama
Penanya : Angel
·
Pertanyaan : Bagaimana IMC berperan
dalam mnciptakan ekuitas merek ?
·
Jawaban :
Berperan membantu membangun ekuitas merek dan menciptakan dampak penjualan lebih besar
contohnya : merek akan lebih mudah diingat contoh deltol semua produk merek
deltol di yakinin produk kesehatan yang bermutuh.
3. Penanya
: Joice Langkah
·
Pertanyaan : Seberapa pengaruh iklan tv
terhadap penjualan suatu produk?
·
Jawaban :
Tergantung pada penempatan
dan isi iklan tersebut jika semua telah tepat maka penjualan akan suatu produk
akan meningkat lebih tinggi lagi dan bergitu sebaliknya. Contoh : Iklan makanan
anak ditempatkan pada pagi dan hari libur di tayangan anak-anak sehingga
anak-anak mengetahui produk dan membeli produknya di kemudian hari.
4. Penanya
: Gautama
·
Pengaruh artis dalam iklan penjualan
suatu produk?
·
Jawaban :
Sangat Berpengaruh
karena dengan adanya artis membantu pelanggan dalam mengingat artis dalam iklan
tersebut sehingga membangun ekuitas merek serta meningkatkan penjualan.
5. Penanya
: Dendi
·
Pertayaan : Kendala apa yg terjadi pada
proses komunikasi dan cara mengatasi
·
Jawaban :
Jenis
Kendala Komunikasi
Ø Hambatan dari Proses Komunikasi
-
Hambatan dari pengirim pesan, misalnya
pesan yang akan disampaikan belum jelas bagi dirinya atau pengirim pesan, hal
ini dipengaruhi oleh perasaan atau situasi emosional.
-
Hambatan dalam penyandian/simbol
-
Hal ini dapat terjadi karena bahasa yang
dipergunakan tidak jelas sehingga mempunyai arti lebih dari satu, simbol
yang dipergunakan antara si pengirim dan penerima tidak sama atau bahasa yang
dipergunakan terlalu sulit.
-
Hambatan media, adalah hambatan yang
terjadi dalam penggunaan media komunikasi, misalnya gangguan suara radio dan
aliran listrik sehingga tidak dapat mendengarkan pesan.
-
Hambatan dalam bahasa sandi. Hambatan
terjadi dalam menafsirkan sandi oleh si penerima
-
Hambatan dari penerima pesan, misalnya
kurangnya perhatian pada saat menerima /mendengarkan pesan, sikap
prasangka tanggapan yang keliru dan tidak mencari informasi lebih lanjut.
-
Hambatan dalam memberikan
balikan. Balikan yang diberikan tidak menggambarkan apa adanya akan tetapi
memberikan interpretatif, tidak tepat waktu atau tidak jelas dan sebagainya.
Ø Hambatan Fisik
Hambatan fisik dapat mengganggu komunikasi yang efektif, cuaca gangguan
alat komunikasi, dan lain lain, misalnya: gangguan kesehatan, gangguan alat
komunikasi dan sebagainya.
Ø Hambatan Semantik.
Kata-kata yang dipergunakan dalam komunikasi kadang-kadang
mempunyai arti mendua yang berbeda, tidak jelas atau berbelit-belit
antara pemberi pesan dan penerima
Ø Hambatan Psikologis
Hambatan psikologis dan
sosial kadang-kadang mengganggu komunikasi, misalnya; perbedaan nilai-nilai
serta harapan yang berbeda antara pengirim dan penerima pesan.
Cara Mengatasi Hambatan Komunikasi
a.
Membuat suatu pesan secara berhati-hati,
tentukan maksud dan tujuan komunikasi serta komunikan yang akan dituju.
b.
Meminimalkan gangguan dalam proses
komunikasi, komunikator harus berusahadapat membuat komunikan lebih mudah
memusatkan perhatian pada pesan yang disampaikan sehingga penyampaian pesan
dapat berlangsung tanpa gangguan yang berarti.
c.
Mempermudah upaya umpan balik antara si
pengirim dan si penerima pesan, Cara dan waktu penyampaian dalam
komunikasi harus direncanakan dengan baik agar mengahasilkan umpan balik dari
komunikan sesuai harapan.
d.
mengemukakan pesan atau massage dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh
penerima pesan, menyatakan pesan tersebut dengan jelas.
e.
bila terdapat reaksi dari pesan tersebut, didengarkan dengan simpatik,
bereaksi secara bijaksana dan bertindak cepat.
f.
hendaknya dipertimbangkan kepada siapa pesan itu ditujukan.
g.
penggunaan alat-alat komunikasi modern.
h.
pendekatan-pendekatan pribadi (silaturrahmi) yang dapat menghilangkan klas,
kepangkatan dan perbedaan golongan.
i.
komunikator harus terus belajar akan kelemahan dirinya dalam berkomunikasi.
j.
hendaklah digunakan waktu secukupnya untuk merencanakan komunikasi yang
efisien dan efektif.
k.
mengusahakan agar tercipta lingkungan kerja yang baik, karena lingkungan
yang baik amat membantu kelancaran komunikasi.
6. Irene
·
Ada 8 model komunikasi utama , yang
paling efektif yang mana? Dan semua berdasrkan aida atau tidak?
Semua model komunikasi menerapkan
konsep aida sehingga keberhasilan dalam komunikasi yang terjadi akan lebih
menjadi efektif dan efesien.
Palembang, 6 April 2016
Notulis,
No comments:
Post a Comment