Labels

Pendidikan (30) Kesehatan (12) MANCING (8) manajemen (7) OTOMOTIF (6) akuntansi (5) visual basic (5) Hoby (4) TWITTER (4) agama buddha (4) pajak (4) BBM (3) facebook (3) olaraga (3) Agama Islam (2) Blog (2) Shop (2) gedget (2) soal dan jawaban (2) youtube (2) Bank (1) IOS (1) Price (1) matematika (1) saham (1)

Saturday, January 16, 2016

Soal dan Jawaban Menejemen pemasaran

1.       Prilaku konsumen adalah proses dan aktifitas ketika seseorang berrhubungan dengan pencaria, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta mengevaluasi produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan apa yang harus dilakukan oleh pemasar terhadap faktor-faktor tersebut? Jelaskan!

2.       Elemen merek ( brand element ) adalah alat pemberi nama dagang yang mengindentifikasi dan mendiffernsiasikan merek. Apa saja elemen merek? Jelaskan!

3.       Setelah pemasar menetapkan kerangka referensi konpetitif untuk positioning dengan mendefinisikan titik perbedaan dan titik paritas yang tepat. Apa yang dimaksud dengan titik perbedaan ( point of different, POD ) dan titik pantas ( Point of Parity, POP ) ?

4.       Bagaimana Peminpin pasar dapat memperluas dan mepertahankan pangsa pasar, Jelaskan?

5.       Bagaimana seharusnya penantang pasar menyerang pemimpin pasar? Jelasan?

6.       Bagaimana pengikut atau penceruk pasar bersaing dengan efektif? Jelaskan !

Jawab

1.       Faktor-faktor yang memperngaruhi prilaku konsumen
·         Faktor Budaya : termasuk didalamnya kelas budaya, subbudaya dan social
·         Faktor Sosial : kelompok referensi, keluarga, peran sosial dan status konsumen
·         Faktor Pribadi : usia, tahap dan siklus hidup, pekerjaan dan keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri serta gaya hidup dan nilai
2.       Macam-macam elemen:
·         nama merek
nama merupakan kata-kata yang di berikan oleh produsen akan produknya dalam hal ini sebuah nama dapat membantu konsumen dalam menentukan produk yang mereka cari

·         Logo
huruf atau lambang yg mengandung makna, terdiri atas satu kata atau lebih sbg lambang atau nama perusahaan dsb
·         Lambang
sesuatu spt tanda (lukisan, lencana, dsb) yg menyatakan suatu hal atau mengandung maksud tertentu; simbol: gambar tunas kelapa — Pramuka; warna biru ialah — kesetiaan.

·         Karakter
Karakter merupakan ciri khusus dimiliki oleh sebuah produk seperti : bentuk, fungsi, dan lain sebagainya.

·         slogan
slogan merupakan kata-kata yang disusun semenarik mungkin menjadi sebuah menarik sebagai tambahan dalam mengingat merek.

·         lagu /jingle
lagu biasanya digunakan produsen dalam memasarkan produk berupa iklan untuk menamkan merek produk.

·         kemasan
kemasan yaitu tampilan produk yang dibuat produsen agar menarik dan memiliki nilai.

3.       Titik perbedaan (Point Of Difference , POD)
POD adalah atribut atau manfaat yang secara kuat diasosiasikan konsumen dengan suatu merek, dinilai positif dan diyakini tidak dapat ditemukan kesamaan pada merek pesaing.
sedangkan
Titik Paritas (Point of Parity, POP)
POP adalah asosiasi-asosiasi yang tidak mesti unik untuk merek tetapi dapat dimiliki bersama dengan merek lain dan biasanya memiliki 2 bentuk dasar yaitu kategori dan kompetitif.

4.       Meperluas pasar :
·         Memperluas total permintaan pasar :
-          Pelanggan baru
-          Lebih banyak penggunaan (Jumlah, tingkat dan frekuensi produk perusahaan) ditingkatkan melalui ukuran kemasan yang lebih besar dan frekuensi konsumsi yang lebih sering.
·         Melindungi pangsa pasar
Sambil memperluas pangsa pasar perusahaan harus terus dan aktif mempertahankan bisnis lamanya. Contoh google melawan yahoo dan microsof, facebook melawan path, lidkedIn
-          Cara mempertahankan pangsan pasarnya adalah dengan inovasi berkelanjutan. Mengambangkan produk baru dan layanan pelanggan baru, efektivitas distribusi dan penurunan biaya produksi.
-          Perusahaan harus terus meningkatkan kekuatan dan nilai kompetitifnya bagi pelanggan dan memberikan solusi yang komprehensif.

Mepertahankan Pasar sendiri :
·         Posisi pertahanan (menduduki ruang pasar yang paling diinginkan dalam pikiran konsumen, membuat merek hampir tidak dapat dihancurkan seperti popok pampers untuk permukaan tetap kering.

·         Pertahanan sisi (Flank)
Pemimpin pasar harus emmbangun pos-pos luar untuk melindungi garis depan yang lemah atau dapat bertindak sebagai basis invasi untuk melakukan serangan balik (menyiapkan merek lain yang untuk bersaing dengan pesaing yang menjual dengan harga lebih murah dan menciptakan merek lain dengan menjual lebih murah dari pesaing). Toyota dengan Agya bersaing dengan Ayla dari daihatsu.


·         PERTAHANAN PREEMTIF
Menyerang sebelum musuh mulai menyerang
Perusahaan dapat melakukan perang gerilya diselurh pasar, menghantam pesaing disini, menghantam pesaing di sana dan membuat pesaing kehilangan keseimbangan. Contoh 17,000 Atm dan 5,700 cabang eceran dari Bank of Amerika diseluruh negara akan membuat persaingan tajam terhadap bank lokal dan regional. Dengan cara ini perusahaan mengirim sinyal agar pesaing tidak melakukan serangan

·         PERTAHANAN SERANGAN BALIK
-          Melakukan serangan balasan ketika diserang.
-          Pemimpin dapat menghadang penyerang secara frontal  atau menghantam produk pendampingnya atau meluncurkan gerakan menekan.
-          Serangan balasan yang lebih efektif adalah menyerang wilayah utama penyerang sehingga penyerang akan menarik diri dan bertahan.Contoh FedEx mengamati keberhasilan UPS, maka FedEx berinvestasi besar-besaran dilayanan pengiriman darat melalui sederet akuisisi untuk menantang UPS diwilayah utamanya. 

·         PERTAHANAN MOBILE
-          Pemimpin membentangkan daerah kekuasaannya ke wilayah-wilayah baru yang dapat bertindak sebagai pusat pertahanan dan serangan masa depan melalui perluasan pasar dan diversifikasi pasar.
-          Perluasan pasar; mengalihkan fokus dari produk lama ke kebutuhan generik dasar.
-          Perusahaan terlibat R&D diseluruh teknologi yang cocok dengan kebutuhan.
-          Melakukan diversifikasi (mengalihkan fokus ke industri yang tidak berhubungan) Contoh; karena larangan merokok maka perusahaan rokok beralih dengan cepat ke industri baru seperti bir, minuman ringan, makanan beku dll.

5.       Cara melawan dan menyerang pemimpin pasar yaitu dengan mengunakan ceruk atau peluang yang tidak dimiliki pemimpin pasar dan menyikutnya dengan cara memalsukan, meniru, mengklon, dan mengadopsi produk pemimpin pasar.




6.       Strategi Penceruk mencapai margin yang tinggi atau efektif dengan pencerukan yang cerdas
Tugas penceruk :
·         Menciptakan ceruk
Yaitu meciptakan peluang yang tidak dimiliki peminpin pasar contoh : lion air dengan low cost carrier yang merupakan ceruk yang belum dimiliki oleh maskapai garuda air
·         Memperluas ceruk
Memperluas ceruk yang telah dimiliki untuk memperluas usaha
·         Melindungi ceruk
Yaitu membuat posisi yang aman di mata konsumen dan membuat paten akan ceruk yang dimiliki.

Risiko penceruk :
·         Ceruk pasar mongering
·         Ceruk pasar diserang


No comments:

Post a Comment