1. Prilaku
konsumen adalah proses dan aktifitas ketika seseorang berrhubungan dengan
pencaria, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta mengevaluasi produk dan jasa
demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi
perilaku konsumen dan apa yang harus dilakukan oleh pemasar terhadap
faktor-faktor tersebut? Jelaskan!
2. Elemen
merek ( brand element ) adalah alat
pemberi nama dagang yang mengindentifikasi dan mendiffernsiasikan merek. Apa
saja elemen merek? Jelaskan!
3. Setelah
pemasar menetapkan kerangka referensi konpetitif untuk positioning dengan
mendefinisikan titik perbedaan dan titik paritas yang tepat. Apa yang dimaksud
dengan titik perbedaan ( point of different, POD ) dan titik
pantas ( Point of Parity, POP ) ?
4. Bagaimana
Peminpin pasar dapat memperluas dan mepertahankan pangsa pasar, Jelaskan?
5. Bagaimana
seharusnya penantang pasar menyerang pemimpin pasar? Jelasan?
6. Bagaimana
pengikut atau penceruk pasar bersaing dengan efektif? Jelaskan !
Jawab
1. Faktor-faktor
yang memperngaruhi prilaku konsumen
·
Faktor
Budaya : termasuk didalamnya kelas budaya, subbudaya dan social
·
Faktor
Sosial : kelompok referensi, keluarga, peran sosial dan status konsumen
·
Faktor
Pribadi : usia, tahap dan siklus hidup, pekerjaan dan keadaan ekonomi, kepribadian
dan konsep diri serta gaya hidup dan nilai
2. Macam-macam elemen:
·
nama merek
nama merupakan kata-kata yang di berikan oleh produsen
akan produknya dalam hal ini sebuah nama dapat membantu konsumen dalam
menentukan produk yang mereka cari
·
Logo
huruf atau lambang
yg mengandung makna, terdiri atas satu kata atau lebih sbg lambang atau nama
perusahaan dsb
·
Lambang
sesuatu spt
tanda (lukisan, lencana, dsb) yg menyatakan suatu hal atau mengandung maksud
tertentu; simbol: gambar tunas kelapa — Pramuka; warna biru ialah — kesetiaan.
·
Karakter
Karakter merupakan ciri khusus dimiliki oleh sebuah
produk seperti : bentuk, fungsi, dan lain sebagainya.
·
slogan
slogan
merupakan kata-kata yang disusun semenarik mungkin menjadi sebuah menarik
sebagai tambahan dalam mengingat merek.
·
lagu /jingle
lagu biasanya
digunakan produsen dalam memasarkan produk berupa iklan untuk menamkan merek
produk.
·
kemasan
kemasan yaitu
tampilan produk yang dibuat produsen agar menarik dan memiliki nilai.
3. Titik
perbedaan (Point Of Difference , POD)
POD adalah
atribut atau manfaat yang secara kuat diasosiasikan konsumen dengan suatu
merek, dinilai positif dan diyakini tidak dapat ditemukan kesamaan pada merek
pesaing.
sedangkan
Titik Paritas (Point of Parity, POP)
POP adalah
asosiasi-asosiasi yang tidak mesti unik untuk merek tetapi dapat dimiliki
bersama dengan merek lain dan biasanya memiliki 2 bentuk dasar yaitu kategori
dan kompetitif.
4.
Meperluas
pasar :
·
Memperluas
total permintaan pasar :
-
Pelanggan
baru
-
Lebih
banyak penggunaan (Jumlah, tingkat dan frekuensi produk perusahaan)
ditingkatkan melalui ukuran kemasan yang lebih besar dan frekuensi konsumsi
yang lebih sering.
·
Melindungi
pangsa pasar
Sambil
memperluas pangsa pasar perusahaan harus terus dan aktif mempertahankan bisnis
lamanya. Contoh google melawan yahoo dan microsof, facebook melawan path,
lidkedIn
-
Cara
mempertahankan pangsan pasarnya adalah dengan inovasi berkelanjutan.
Mengambangkan produk baru dan layanan pelanggan baru, efektivitas distribusi
dan penurunan biaya produksi.
Mepertahankan Pasar sendiri :
·
Posisi
pertahanan (menduduki ruang pasar yang paling diinginkan dalam pikiran
konsumen, membuat merek hampir tidak dapat dihancurkan seperti popok pampers
untuk permukaan tetap kering.
·
Pertahanan sisi (Flank)
Pemimpin
pasar harus emmbangun pos-pos luar untuk melindungi garis depan yang lemah atau
dapat bertindak sebagai basis invasi untuk melakukan serangan balik (menyiapkan
merek lain yang untuk bersaing dengan pesaing yang menjual dengan harga lebih
murah dan menciptakan merek lain dengan menjual lebih murah dari pesaing).
Toyota dengan Agya bersaing dengan Ayla dari daihatsu.
·
PERTAHANAN PREEMTIF
Menyerang sebelum
musuh mulai menyerang
Perusahaan
dapat melakukan perang gerilya diselurh pasar, menghantam pesaing disini,
menghantam pesaing di sana dan membuat pesaing kehilangan keseimbangan. Contoh
17,000 Atm dan 5,700 cabang eceran dari Bank of Amerika diseluruh negara akan
membuat persaingan tajam terhadap bank lokal dan regional. Dengan cara ini
perusahaan mengirim sinyal agar pesaing tidak melakukan serangan
·
PERTAHANAN SERANGAN BALIK
-
Melakukan
serangan balasan ketika diserang.
-
Pemimpin
dapat menghadang penyerang secara frontal
atau menghantam produk pendampingnya atau meluncurkan gerakan menekan.
-
Serangan
balasan yang lebih efektif adalah menyerang wilayah utama penyerang sehingga
penyerang akan menarik diri dan bertahan.Contoh FedEx mengamati keberhasilan
UPS, maka FedEx berinvestasi besar-besaran dilayanan pengiriman darat melalui
sederet akuisisi untuk menantang UPS diwilayah utamanya.
·
PERTAHANAN MOBILE
-
Pemimpin
membentangkan daerah kekuasaannya ke wilayah-wilayah baru yang dapat bertindak
sebagai pusat pertahanan dan serangan masa depan melalui perluasan pasar dan
diversifikasi pasar.
-
Perluasan
pasar; mengalihkan fokus dari produk lama ke kebutuhan generik dasar.
-
Perusahaan
terlibat R&D diseluruh teknologi yang cocok dengan kebutuhan.
-
Melakukan
diversifikasi (mengalihkan fokus ke industri yang tidak berhubungan) Contoh;
karena larangan merokok maka perusahaan rokok beralih dengan cepat ke industri
baru seperti bir, minuman ringan, makanan beku dll.
5. Cara
melawan dan menyerang pemimpin pasar yaitu dengan mengunakan ceruk atau peluang
yang tidak dimiliki pemimpin pasar dan menyikutnya dengan cara memalsukan,
meniru, mengklon, dan mengadopsi produk pemimpin pasar.
6. Strategi
Penceruk mencapai margin yang
tinggi atau efektif dengan
pencerukan yang cerdas
Tugas penceruk :
·
Menciptakan
ceruk
Yaitu meciptakan peluang yang tidak dimiliki peminpin
pasar contoh : lion air dengan low cost carrier yang merupakan ceruk yang belum
dimiliki oleh maskapai garuda air
·
Memperluas
ceruk
Memperluas ceruk yang telah dimiliki untuk memperluas
usaha
·
Melindungi
ceruk
Yaitu membuat posisi yang aman di mata konsumen dan
membuat paten akan ceruk yang dimiliki.
Risiko penceruk :
·
Ceruk
pasar mongering
·
Ceruk
pasar diserang
No comments:
Post a Comment