Labels

Pendidikan (30) Kesehatan (12) MANCING (8) manajemen (7) OTOMOTIF (6) akuntansi (5) visual basic (5) Hoby (4) TWITTER (4) agama buddha (4) pajak (4) BBM (3) facebook (3) olaraga (3) Agama Islam (2) Blog (2) Shop (2) gedget (2) soal dan jawaban (2) youtube (2) Bank (1) IOS (1) Price (1) matematika (1) saham (1)

Monday, June 13, 2016

soal dan jawaban manajemen pemasaran lanjutan sesion 2

1.      Jelaskan tujuan dari promosi periklanan dan berikan contohnya?
Jawaban :
Tujuan iklan antara lain:
v  Iklan informatif
Merupakan tujuan iklan dimana sebuah iklan memberikan informasi untuk konsumen sebagai salah satu menaikan citra merek. Contoh : Aqua memberikan informasi kepada konsumen untuk membedakan produk asli dengan melihat exp date pada tutup dan botol harus sejajar dan memiliki tanggal yang sama.
v  Iklan persuasif
memberikan bujukan-bujukan kepada masyarakat umum untuk mencoba produk yang diiklankan perusahaan. Contoh : MDP memberi leptop gratis untuk membujuk konsumen serta komisi untuk referensinya.
v  Iklan pengingat
v  memberikan stimulus-stimulus kepada masyarakat agar senantiasa ingat terhadap produk yang diiklankan tersebut. Contoh : Pengulangan kata ulang-ulang di iklan seperti pada iklan bejo bintang 7
v  Iklan penguat
Sifatnya menguatkan.  Iklan penguat bertujuan untuk meyakinkan konsumen bahwa mereka telah membuat pilihan yang tepat. Contoh : MDP dengan banyak mahasiswa juara lombah hingga tingkat asia.

2.      Jelaskan tahapan-tahapan yang harus dilakukan ketika memilih dan mengkur efektifitas media yang digunakan untuk periklanan?
Jawaban :
Memiliki beberapa tahap:
v  Memutuskan jangkauan, frekuensi, dan dampak
Pemilihan media adalah proses menemukan media yang paling efektif biaya untuk menghantarkan jumlah dan jenis paparan yang diinginkan kepada pemirsa






v  Memilih jenis media utama
Variabel yang diperhatikan antara lain:
·        Kebiasaan pemirsa media sasaran
·        Karakteristik produk
·        Karakteristik pesan
·        Biaya 


v  Memilih sarana media tertentu
Beberapa kemungkinan ukuran pemirsa yang harus diketahui dalam proses pemilihan:
·        Sirkulasi
·        Pemirsa
·        Pemirsa efektif
·        Pemirsa yang terpapar iklan efektif 

v  Memutuskan penentuan waktu media
Klasifikasi pola penentuan waktu iklan:
·        Kontinuitas à paparan mucul serta konsisten sepanjang periode tertentu
·        Konsentrasi à memerlukan pembelanjaan semua uang untuk iklan dalam satu periode
·        Bersela à memerlukan iklan untuk satu periode, diikuti oleh periode kegiatan iklan kedua
·        Berdenyut à iklan berkelanjutan dengan titik bobot rendah yang diperkuat secara periodik


v  Memutuskan alokasi media secara geografis






3.      Sebuah event organizer di Indonesia akan mengadakan acara jumpa artis yang akan dihadiri oleh para kaum remaja dari seluruh Indonesia, event organizer tersebut bekerja sama dengan salah satu provider selular sebagai sponsor utama acara tersebut. Provider selular tersebut mengunakan situasi seperti ini untuk mengadakan promosi karena dirasa remaja adalah sasaran yang tepat untuk dijadikan konsumen provider selular tersebut. Dari kasus di atas jelaskan:
a.       Jelaskan promosi yang digunakan?
Jawaban :
Jenis promosi hubungan Masyarakat
Publisitas adalah upaya perusahaan untuk mendukung, membina citraperusahaan yang baik, dan menangani atau menangkal isu, cerita dan peristiwayang dapat merugikan perusahaan yang dilakukan melalui pembinaan hubungandengan masyarakat (public relations)” (Kotler, 2000).Kegiatan dari jenis promosi yang digunakan?
Jawaban :

b.      Kelebihan promosi yang digunakan?
Jawaban :
a.       Dapat menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca iklan.
b.       Dapat ditempatkan pada halaman depan dari sebuah surat kabar atau pada posisilain yang menyolok.
c.       Lebih dapat di percaya, apa bila sebuah surat Kabar atau majalah  mempublikasikan sebuah cerita, keliatan lebih otentik sebagai berita dan berita pada umumnya  lebih di percaya dari pada iklan
d.      Jauh lebih murah karena dilakukan secara bebas, tanpa dipungut biaya.
e.       Bersifat dramatis, sebab mempunyai potensi untuk mendramatisasi perusahaanatau produk.

c.       Kekurangan promosi yang digunakan?
Jawaban :
a)     membangun merk baru melalui PR akan memakan waktu lebih lama dan membutuhkan kreatifitas yang lebih tinggi.
b)     2.    kontribusi PR terhadap besarnya laba sulit diukur, karena MPR digunakan bersama kegiata promosi lain. jika digunakan sebelum kiat lain dijalankan, kontribusinya lebih mudah di evaluasi.
c)     perusahaan tidak membayar untuk tempat atau waktu yang diperoleh di Media. Perusahaan membayar seorang staf untuk mengembangkan dan membagikan cerita itu dan mengelola peristiwa-peristiwa tertentu.
d)     PR tidak mendukung penjualan secara langsung.



4.      Ritel atau eceran (retailing) adalah semua kegiatan yang melibatkan dalam penjualan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen akhir untuk pengunaan pribadi dan bukan pengguna bisnis. Dalam suatu chanel distribusi, retailing memainkan suatu peranan penting sebagai pengah antara produsen, agen dan para konsumen akhir. Dalam perkembangannya, bisnis retail melakukan perluasan jangkauan dari skala kota menuju provinsi, nasional, dan pada akhirnya global. Hal tersebut bisa dilakukan karena perkembangan sektor information commication techology (ICT). Jelaskan :
a.       Peran dari ICT terhadap perkembangan bisnis ritel ?
Jawaban :
ICT merupakan jembatan penghubung yang mendukung terjalinya komunikasi jarak jauh dimana mempermudah bisnis ritel dalam melakukan komunikasi baik dalam mencari pemasok, promosi, dan informasi komunikasi yang lainya.
b.      Contoh perusahaan ritel di indonesia yang memanfaatkan ICT ?
Jawaban :
SIDOMUNCUL, Sinarmas

c.       Strategi pemasaran yang dilakukan pembisnis ritel ?
-          Melakukan promosi penjualan lewat media internet, tv, dll


No comments:

Post a Comment