1.
Jelaskan
tujuan dari promosi periklanan dan berikan contohnya?
Jawaban
:
Tujuan iklan antara lain:
v Iklan informatif
Merupakan tujuan iklan dimana sebuah iklan memberikan informasi untuk
konsumen sebagai salah satu menaikan citra merek. Contoh : Aqua memberikan
informasi kepada konsumen untuk membedakan produk asli dengan melihat exp date
pada tutup dan botol harus sejajar dan memiliki tanggal yang sama.
v Iklan persuasif
memberikan bujukan-bujukan kepada masyarakat umum untuk
mencoba produk yang diiklankan perusahaan. Contoh : MDP memberi leptop gratis
untuk membujuk konsumen serta komisi untuk referensinya.
v Iklan pengingat
v memberikan stimulus-stimulus
kepada masyarakat agar senantiasa ingat terhadap produk yang diiklankan
tersebut. Contoh : Pengulangan kata ulang-ulang di iklan seperti pada iklan
bejo bintang 7
v Iklan penguat
Sifatnya menguatkan. Iklan penguat bertujuan
untuk meyakinkan konsumen bahwa mereka telah membuat pilihan yang tepat. Contoh
: MDP dengan banyak mahasiswa juara lombah hingga tingkat asia.
2.
Jelaskan
tahapan-tahapan yang harus dilakukan ketika memilih dan mengkur efektifitas
media yang digunakan untuk periklanan?
Jawaban
:
Memiliki
beberapa tahap:
v Memutuskan jangkauan,
frekuensi, dan dampak
Pemilihan media adalah proses menemukan
media yang paling efektif biaya untuk menghantarkan jumlah dan jenis paparan
yang diinginkan kepada pemirsa
v Memilih jenis media
utama
Variabel
yang diperhatikan antara lain:
·
Kebiasaan pemirsa media sasaran
·
Karakteristik produk
·
Karakteristik pesan
·
Biaya
v Memilih sarana media
tertentu
Beberapa
kemungkinan ukuran pemirsa yang harus diketahui dalam proses pemilihan:
·
Sirkulasi
·
Pemirsa
·
Pemirsa efektif
·
Pemirsa yang terpapar iklan efektif
v Memutuskan penentuan
waktu media
Klasifikasi pola
penentuan waktu iklan:
·
Kontinuitas à paparan mucul serta
konsisten sepanjang periode tertentu
·
Konsentrasi à memerlukan
pembelanjaan semua uang untuk iklan dalam satu periode
·
Bersela à memerlukan iklan
untuk satu periode, diikuti oleh periode kegiatan iklan kedua
·
Berdenyut à iklan berkelanjutan
dengan titik bobot rendah yang diperkuat secara periodik
v Memutuskan alokasi
media secara geografis
3.
Sebuah
event organizer di Indonesia akan mengadakan acara jumpa artis yang akan dihadiri
oleh para kaum remaja dari seluruh Indonesia, event organizer tersebut bekerja
sama dengan salah satu provider selular sebagai sponsor utama acara tersebut.
Provider selular tersebut mengunakan situasi seperti ini untuk mengadakan
promosi karena dirasa remaja adalah sasaran yang tepat untuk dijadikan konsumen
provider selular tersebut. Dari kasus di atas jelaskan:
a.
Jelaskan
promosi yang digunakan?
Jawaban :
Jenis promosi hubungan Masyarakat
Publisitas adalah upaya perusahaan untuk mendukung, membina
citraperusahaan yang baik, dan menangani atau menangkal isu, cerita dan
peristiwayang dapat merugikan perusahaan yang dilakukan melalui pembinaan
hubungandengan masyarakat (public relations)” (Kotler, 2000).Kegiatan dari jenis promosi yang digunakan?
Jawaban :
b.
Kelebihan
promosi yang digunakan?
Jawaban :
a.
Dapat menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca iklan.
b.
Dapat ditempatkan pada halaman depan
dari sebuah surat kabar atau pada posisilain yang menyolok.
c.
Lebih dapat di percaya, apa bila sebuah surat Kabar atau majalah
mempublikasikan sebuah cerita, keliatan lebih otentik sebagai berita dan berita
pada umumnya lebih di percaya dari pada iklan
d.
Jauh lebih murah karena dilakukan secara bebas, tanpa dipungut biaya.
e.
Bersifat dramatis, sebab mempunyai potensi untuk mendramatisasi
perusahaanatau produk.
c.
Kekurangan
promosi yang digunakan?
Jawaban :
a) membangun merk baru
melalui PR akan memakan waktu lebih lama dan membutuhkan kreatifitas yang lebih
tinggi.
b) 2. kontribusi PR terhadap besarnya laba sulit diukur, karena MPR digunakan
bersama kegiata promosi lain. jika digunakan sebelum kiat lain dijalankan,
kontribusinya lebih mudah di evaluasi.
c) perusahaan tidak
membayar untuk tempat atau waktu yang diperoleh di Media. Perusahaan membayar
seorang staf untuk mengembangkan dan membagikan cerita itu dan mengelola
peristiwa-peristiwa tertentu.
d) PR tidak mendukung
penjualan secara langsung.
4.
Ritel
atau eceran (retailing) adalah semua kegiatan yang melibatkan dalam penjualan barang
atau jasa secara langsung kepada konsumen akhir untuk pengunaan pribadi dan
bukan pengguna bisnis. Dalam suatu chanel distribusi, retailing memainkan suatu
peranan penting sebagai pengah antara produsen, agen dan para konsumen akhir.
Dalam perkembangannya, bisnis retail melakukan perluasan jangkauan dari skala
kota menuju provinsi, nasional, dan pada akhirnya global. Hal tersebut bisa
dilakukan karena perkembangan sektor information commication techology (ICT).
Jelaskan :
a.
Peran
dari ICT terhadap perkembangan bisnis ritel ?
Jawaban :
ICT merupakan jembatan penghubung yang mendukung terjalinya komunikasi
jarak jauh dimana mempermudah bisnis ritel dalam melakukan komunikasi baik
dalam mencari pemasok, promosi, dan informasi komunikasi yang lainya.
b.
Contoh
perusahaan ritel di indonesia yang memanfaatkan ICT ?
Jawaban :
SIDOMUNCUL, Sinarmas
c.
Strategi
pemasaran yang dilakukan pembisnis ritel ?
-
Melakukan
promosi penjualan lewat media internet, tv, dll
No comments:
Post a Comment