1. Agar produk yang dibuat oleh sebuah perusahaan dapat
diterima oleh konsumen, bagaimana cara perusahaan tersebut melakukannya?
Jawab :
yaitu dengan cara penetapan Strategi Pemasaran yang tepat
Langkah-Langkah
Penerapan Strategi Pemasaran
Penerapan
Strategi Pemasaran melalui langkah-langkah sebagai berikut:
·
Segmentasi Pasar (Market Segmentation),
adalah tindakan
membagi pasar menjadi kelompok pembeli berbeda dengan kebutuhan, karakteristik,
atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran
terpisah
·
Penetapan Target Pasar (Market Targeting),
yaitu proses
mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih satu atau lebih
segmen yang akan dilayani, penetapan sasaran pasar terdiri dari merancang
strategi untuk membangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat, atau
sebuah perusahaan besar mungkin memutuskan untuk menawarkan ragam produk yang
lengkap dalam melayani seluruh segmen pasarnya, sebagian besar perusahaan
memasuki pasar baru dengan melayani segmen tunggal, dan jika hal ini terbukti
berhasil, mereka menambahkan segmen
·
Diferensiasi dan Posisi Pasar (Differentiation
& Positioning),
perusahaan harus
memutuskan bagaimana mendifferensiasikan penawaran pasarnya untuk setiap segmen
sasaran dan posisi apa yang ingin ditempatinya dalam segmen tersebut, posisi
produk adalah tempat yang diduduki produk relatif terhadap pesaingnya dalam
pikiran konsumen, pemasar ingin mengembangkan posisi pasar unik bagi produk
mereka. Jika sebuah produk dianggap sama persis dengan produk lainnya di
pasar, konsumen tidak mempunyai alasan untuk membelinya.
Mengembangkan Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran Terintegrasi
Setelah strategi
pemasaran ditetapkan maka perusahaan diharapkan untuk menerapkan dan
merencanakan rincian bauran pemasaran (Marketing Mix) merupakan kumpulan
alat pemasaran taktis terkendali – produk, harga, tempat, dan promosi yang
dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan di pasar
sasaran.
Bauran pemasaran
terdiri dari semua hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi
permintaan akan produknya yang terdiri dari “empat P” yaitu:
·
Produk (product) , kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan kepada
pasar sasaran meliputi : ragam, kualitas, gesain. fitur, nama merek, dan
kemasan.
·
Harga (price), adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan untuk
memperoleh produk meliputi: daftar harga, diskon potongan harga, periode
pembayaran, dan persyaratan kredit
·
Tempat (place), kegiatan
perusahaan yang membuat produk tersedia bagi pelanggan sasaran meliputi:
Lokasi, saluran distribusi, persediaan, transportasi dan logistik
·
Promosi (promotion) berarti aktivitas yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk
pelanggan membelinya meliputi : Iklan dan promosi
penjualan.
2.
Jelaskan yang menyebabbkan perusahaan bidang jasa
mengalami kegagalan dalam mengelola kualitas produk jasanya?
Jawab :
Lima penyebab
kegagalan pengiriman jasa:
a.
Kesenjangan harapan konsumen & persepsi
manajemen
b.
Kesenjangan persepsi manajemen & spesifikasi
jasa
c.
Kesenjangan spesifikasi
kualitas&penghantaran jasa
d.
Kesenjangan penghantaran jasa & komunikasi
eksternal
e.
Kesenjangan jasa anggapan&jasa yang
diharapkan
3.
Strategi yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan
penjualan dan laba adalah dengan cara memperpanjang lini produk. Jelaskan tujuan
dari lini produk dan bagaimana cara melakukannya?
Jawab :
Manajer lini produk harus
mengetahui penjualan dan laba tiap unit produk dalam lininya untuk menentukan
unit produk mana yang akan dikembangkan, dipertahankan, dikurangi atau
dihentikan. Mereka juga perlu memahami profil pasar tiap produk.
Caranya
Perusahaan dapat memperpanjang lini produknya dengan dua cara : perentangan
lini (line stretching) dan pengisian lini (line filling).
a. Perentangan Lini
Perentangan lini terjadi jika perusahaan memperpanjang
lini produknya melalmpaui cakupan yang sekarang. Perusahaan dapat merentang
lininya ke bawah, ke atas atau kedua arah.
1) Perentangan ke Bawah
Sebuah perusahaan yang posisinya di pasar tengah mungkin
ingin memperkenalkan lini harga yang lebih rendah karena satu dari tiga alasan
berikut :
1. Melihat peluang pertumbuhan di
pasar kelas bawah
2. Keinginan mengikat kelas bawah
agar tidak bergerak ke atas
3. Menemukan bahwa pasar tengah
sedang mengalami stagnasi atau kemunduran.
Tiga pilihan nama ketika perusahaan bergerak ke bawah
:
1. Menggunakan nama yang sama pada
semua tawarannya misal Sony
2. Menggunakan nama sub merk untuk
harga yang lebih rendah misal Sony Value Line
3. Menggunakan nama yang berbeda
untuk harga yang lebih rendah.
2) Perentangan ke Atas
Perusahaan bawah mungkin ingin masuk ke pasar atas.
Mereka tertarik dengan tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi, marjin yang lebih
besar atau sekedar untuk memposisikan diri sebagai produsen yang memproduksi
lini yang lengkap. Banyak perusahaan membuat produk dengan nama yang
benar-benar baru misal Toyota mengeluarkan Lexus dsb
3) Perentangan Dua Arah
Perusahaan menengah mungkin akan memutuskan
merentangkan lininya kedua arah untuk meraih kepemimpinan dalam lini produk
tertentu.
4.
Salah satu keberasilan produk yang dijual dapat dilihat
dari bentuk produk dan fungsi produk tersebut. Menurut anda mana yang paling
penting dari bentuk atau fungsi produk, berikan penjelasan dan contohnya?
Jawab :
Tergantung pada jenis produknya terkadang produk ada yang
membutuhkan lebih ke fungsinya seperti produk bahan pokok seperti beras, pasir,
gula pasir. Bentuk produk digunakan pada produk yang bukan barang pokok dan
banyak subtitusinnya seperti smartphone, makanan, dan produk lain serta dengan
pemikiran masing-masing individu
5.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan pemasaran! Menurut Anda mengapa pemasaran penting bagi
masyarakat?
Jawab:
Pemasaran adalah suatu perpaduan dari
aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen
melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran produk dan jasa yang bernilai
serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar konsumen
dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu.
Pemasaran penting karena melalui pemasaran konsumen
tidak perlu lagi memenuhi kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri dengan
melakukan pertukaran antara konsumen dengan pelaku pemasaran sehingga akan ada
banyak waktu bagi konsumen untuk kegiatan lain yang disukai.
6. Sebutkan fungsi-fungsi
pemasaran serta jelaskan masing-masing fungsi tersebut!
Jawab:
Fungsi pemasaran ada 3 yaitu:
a.
Fungsi pertukaran
Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari
produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan
produk (barter) untuk dipakai sendiri atau dijual kembali.
b.
Fungsi distribusi fisik
Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara
mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati
kebutuhan konsumen dengan banyak cara, baik melalui air, darat, udara dan
sebagainya. Penyimpanan produk mengedepankan upaya menjaga pasokan produk agar
tidak kurang saat dibutuhkan.
c.
Fungsi Perantara
Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke
konsumen dapat dilakukan melalui perantara pemasaran yang menghubungkan
aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara
lain pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi dan
penggolongan produk.
7. Dalam proses manajemen pemasaran
ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat mencapai tujuan yang telah
ditentukan. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses manajemen
pemasaran tersebut!
Jawab:
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses manajemen
pemasaran yaitu:
a.
Melakukan analisis peluang pasar
Dalam melakukan usaha penganalisaan peluang pasar,
seseorang harus mengetahui banyak situasi perkembangan pasar yang akan dituju.
Untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan riset-riset pasar yang bertujuan
untuk mengetahui trend selera konsumen yang sedang berkembang saat itu.
b.
Menyusun strategi pemasaran
Strategi pemasaran adalah logika pemasaran dan
berdasarkan hal itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran
pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang
biaya pemasaran, bauran pemasaran dan lokasi pemasaran.
c.
Perencanaan program pemasaran
Hal ini bertujuan agar proses di lapangan menjadi
lebih mudah dan terarah.
d. Pengelolaan usaha pemasaran
8. Dalam konsep pemasaran, terdapat
orientasi pemasaran yang meliputi orientasi produksi, orientasi produk,
orientasi pemasaran, dan orientasi pemasaran holistik. Apakah masing-masing
orientasi tersebut bisa berjalan bersamaan?
Jawab :
Orientasi pemasaran yang meliputi orientasi produksi,
orientasi produk, orientasi pemasaran dan orientasi holistik tidak bisa
berjalan bersamaan. Orientasi pemasaran dan orientasi holistik adalah
perkembangan dari orientasi pemasaran sebelumnya yang tidak cocok lagi dengan
perkembangan zaman.
Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi pemasar modern
menggunakan dua orientasi pemasaran sekaligus. Misalkan Lenovo yang mengetahui
kebutuhan akan laptop berharga murah (dari analisis holistic marketingya)
menggunakan orientasi produksi dengan sangat efisien untuk mencapai low cost
product dan menjaring customer sebanyak-banyaknya. Jadi dalam kasus ini
orientasi holistik marketing dan orientasi produksi digunakan bersamaan. Tetapi
untuk kasus yang lain semisal mobil ferari yang hanya ditujukan kepada kalangan
tertentu tidak mungkin menggunakan orientasi produksi atau pemasar B2B yang
sangat berorintasi pada keinginan konsumen.
9. Banyak orang yang menyamakan antara penjualan (selling) dan pemasaran (marketing),
padahal dua hal itu berbeda pelaksanaannya. Jelaskan perbedaannya!
Jawab:
Perbedaan antara penjualan dan
pemasaran
No
|
Penjualan
|
Aspek
|
Pemasaran
|
1
|
Pabrik
|
Langkah awal
|
Target pasar
|
2
|
Produk
|
Fokus
|
Pemenuhan keinginan konsumen
|
3
|
Promosi penjualan
|
Alat
|
Pemasaran Terpadu
|
4
|
Volume penjualan
|
Tujuan
|
Laba melalui kepuasan konsumen
|
5
|
Jangka pendek
|
Orientasi pasar
|
Jangka panjang
|
10. Dalam strategi pemasaran, ada
tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi pemasaran yang
telah dibuat. Sebut dan jelaskan faktor-faktor tersebut!
Jawab:
Faktor yang menyebabkan perubahan strategi pemasaran
yaitu:
a.
Daur hidup produk
Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur
hidup produk, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan
tahap kemunduran.
b.
Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi
perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya
mengambil sebagian kecil dari pasar.
c.
Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan ituasi
ekonomi dan pandangan ke depan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau
inflasi tinggi.
11. Salah satu faktor yang
mempengaruhi strategi pemasaran adalah lingkungan mikro perusahaan. Apakah yang
dimaksud dengan lingkungan mikro perusahaan?
Jawab:
Lingkungan mikro perusahaan terdiri dari pelaku dalam
lingkungan yang berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya
untuk melayani pasar, lingkungan mikro ini terdiri dari:
a.
Perusahaan
b.
Pemasok
c.
Para Perantara Pemasaran
d.
Para Pelanggan
e.
Para Pesaing
f.
Masyarakat Umum
12. Budaya lokal merupakan aspek
penting dalam memengaruhi perilaku konsumen. Bagaimana budaya lokal dipahami
oleh pemasar dan bagaimana aplikasinya dalam mengembangkan strategi
pemasaran?
Jawab :
Benar
sekali budaya lokal merupakan aspek yang penting dalam memengaruhi perilaku
konsumen. Dan setiap pemasar harus memahami budaya lokal ini. Sebagai contoh
kebudayaan di Indonesia adalah mengutamakan kekeluargaan. Dimana produk-produk
yang mengusung kebersamaan dalam keluarga pasti laris manis. Sebagai contoh
mobil Kijang, Avanza, Xenia dan grand Livina yang bisa menampung banyak anggota
keluarga (7 seater) cukup laris di pasaran. Di sisi lain teh sariwangi juga
memperlihatkan indahnya kebersamaan dalam keluarga dalam setiap iklannya. Juga
coca cola dan beberapa produk Indomie di saat bulan puasa dan menjelang lebaran
juga mengusung tema-tema keluarga.
Setiap kebudayaan sendiri sebenarnya terdapat sub
bagian yang disebut sub kebudayaan yang target pasarnya lebih spesifik.
Termasuk dalam Sub budaya adalah kewarganegaraan, agama, ras dan lokasi
geografis. Kembali ke industri otomotif : Negara-negara asia mungkin tidak
membayar mahal untuk safetydibandingkan dengan mobil-mobil yang
dipasarkan di daerah Eropa. Dan kenyamanan cenderung lebih diutamakan pada
mobil-mobil Eropa. Juga sub kebudayaan lokal yang mengutamakan kekeluargaan
membuat mobil Avanza diminati di Indonesia.
13. Strategi apa yang harus dilakukan
oleh suatu perusahaan apabila ia menduduki sebagaimarket leader?
Jawab:
Strategi yang harus dilakukanoleh market leader yaitu:
a.
Mengembangkan pasar secara keseluruhan, hal ini dapat
dilakukan dengan cara:
·
Mencari konsumen baru dengan cara strategi penerobosan
pasar, strateggi paar baru, dan perluasan geografis
·
Mencari dan mengenalkan kegunaan baru suatu produk
·
Meyakinkan masyarakat konsumen agar menggunakan produk
lebih banyak pada setiap kesempatan
b.
Melindungi bagian-bagian pasar yang telah dikuasai.
c.
Meningkatkan bagian pasar. Selain mencari konsumen
baru pada pasar baru, perusahaan juga dapat meningkatkan jumlah konsumen pada
setiap pasar yang sudah dikuasai.
14. Sebut dan jelaskan 5 strategi
penyerangan yang dapat dilakukan oleh market challenger!
Jawab:
Secara umum ada lima strategi penyerangan yang dapat
dilakukan oleh market challenger, yaitu:
a.
Serangan frontal
Serangan ini dilakukan dengan mengerahkan seluruh
kekuatan yang dimiliki tepat berhadapan dnegan lawan
b.
Serangan melambung
Market Challenger berpura-pura
akan menyerang bagian yang kuat sehingga lawan mengerahkan seluruh kekuatan ke
bagian tersebut, tetapi serangan sesungguhnya akan diarahkan ke bagian
kelemahannya.
c.
Serangan mengepung
Serangan ini merupakan usaha menembus daerah pemasaran
lawan, yaitu dengan mengadakan serangan besar-besaran ke seluruh pasar lawan.
d.
Serangan lintas
Strategi ini adalah strategi yang paling tidak
langsung serta menjauhkan diri dari gerakan yang mengarah ke pemasaran pesaing.
e.
Serangan gerilya
Serangan ini dilakukan perusahaan-perusahaan yang
kekurangan modal dengan menyerang berbagai wilayah lawan dengan serangan kecil
yang tiba-tiba dan terputus-putus.
https://rayungrainbow.blogspot.com/2020/02/sapu-murah-dan-berkualitas.html?m=1
ReplyDeleteSebutkan 4 faktor yang ada pada lini produk
ReplyDelete